Senin, 18 Februari 2013

Manfaat dan Bahaya Kopi



Hai mas bro dan mbk bro sekalian. Kini ane akan memaparkan tentang manfaat dan bahaya kopi. Info ini berguna pakai banget untuk semua umur,baik cowok maupun cewek,tua maupun muda. Bahkan yang belum lahirpun boleh membacanya. Itung-itung persiapan setelah lahir nanti bro. Sebelumnya,ane kasih tau dulu sejarah kopi. Biar kita gak asal sruput saja tanpa mengetahui sejarah yang kita sruput. Langsung saja cekibrot..............ß



Kopi berasal dari kata "qahwah" bahasa Arab yang berarti kekuatan. Karena mulanya kopi digunakan ups salah. Ane ralat boz. Karena mulanya kopi dijadikan sebagai makanan berenergi. Kata qahwah tersebut berubah menjadi "kahveh" bahasa Turki. Kemudian berubah lagi dalam bahasa Belanda menjadi "koffie. Kata kopi dalam bahasa Indonesia merupakan serapan dari bahasa belanda tersebut.

Kopi telah dikenal sejak 3000 tahun yang lalu yakni dari Bangsa Etiopia di benua Afrika. Wow lama banget ya brot. Pada saat itu kopi dikenal sebagai minuman berenergi dan berkhasiat. Maklum dulu kan belum ada extra j*s,hemav*ton,maupun kukunya si Bima. Namun,pengolahan kopi di Arab lebih maju yakni dengan tidak hanya merebus saja tetapi dengan mengambil sarinya. Hingga sekarang kopi menjadi populer. Belum lagi aroma dan rasanya yang unik. Negara Indonesia mampu menghasilkan 400 ribu ton kopi per tahun.

Sesuai janji ane,ini ane kasih manfaat dan bahaya kopi:

*Manfaat kopi:
1. Mengurangi diabetes tipe 2.
Berbagai studi penelitian menunjukan bahwa kopi dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2 hingga persentase 50%. (Kalau ada yang bertanya-tanya mengenai apa itu diabetes tipe 2,silahkan ditanyakan ke dokter-dokter terdekat). Hal ini karena adanya kandungan asam klorogenik dalam kopi yang berfungsi memperlambat penyerapan gula dalam proses pencernaan dan asam ini juga merangsang GLP-1 yaitu zat kimiayang bisa menghasilkan insulin.

2. Menghambat penurunan fungsi kognitif pada wanita.
Meminum kopi bisa menghambat fungsi kognitif otak akibat penuaan. Ini hanya berlaku pada wanita saja. Karena wanita sangat peka terhadap kafein.

3. Mengurangi resiko kanker.
Kopi ternyata bisa mengurangi resiko kanker payudara,kanker hati,dan kanker usus besar.

*Berikut bahaya kopi bila di konsumsi secara berlebihan.

Zat addiktif yang terkandung dalam biji kopi membuat orang menjadi ketergantungan. Bagi pecandu kopi akan merasa sangat lemas dan lesu bila tidak mendapatkan kopi sesuai takaran konsumsi. Menghentikan kebiasaan ngopi bagi para pecandu akan menimbulkan efek sakit kepala,kelelahan,sulit berkonsentrasi,dan depresi meski bersifat sementara.
Dapat menyebabkan penambahan berat badan dan obesitas meskipun dalam jangka panjang.
Menimbulkan rasa cemas: kafein yang terkandung dalam biji kopi dapat merangsang sistem saraf pusat yang menyebabkan kecemasan atapun kegelisahan.
Memicu sekresi asam lambung,sehingga menimbulkan serangan gangguan pencernaan dan mulas.
Hipoglikemia-kafein dikenal untuk memicu pelepasan glikogen oleh hati yang menyebabkan ketidakseimbangan kadar gula darah. Kondisi ini juga dikenal sebagai hipoglikemia (gula darah rendah) yang dapat menyebabkan kelemahan,gugup berkeringat,dan jantung berdebar-debar.
Berpengaruh pada kesuburan wanita,bahkan peningkatan resiko keguguran.
Meningkatkan resiko osteoporosis.
Dehidrasi-kopi adalah diuretik kuat dan setelah itu dapat menyebabkan dehidrasi. Banyak orang yang memiliki lebih dari 5-6 cangkir per hari mengeluh dehidrasi dan gangguan kesehatan terkait.

Nah itulah manfaat dan bahaya mengopi. Jadi untuk bro bro sakalian,minumlah kopi sewajarnya. Yaitu 1-3 cangkir sehari. Semoga informasi yang ane sampaikan ini dapat bermanfaat dan menjadi pedoman bagi para pecandu kopi. Silahkan kalau ingin di share,soalnya ane juga mengambil informasi ini dari berbagai sumber salah satunya dari aplikasi android.

sumber: info kesehatan (aplikasi android)

SALAM WONG CILIK
posted from Bloggeroidr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar