Kamis, 14 Maret 2013

Komentar,Kritik,dan Saran

Menurut saya:
*komentar adalah tanggapan dari suatu hal baik berita,artikel,dsb.
*kritik adalah suatu penilaian baik buruknya suatu hal.
*saran adalah sebuah anjuran yang ditujukan kepada sesuatu untuk membuatnya lebih baik dari yang sebelumnya.







Tiga point di atas tentunya sudah tidak asing lagi bagi seorang blogger personal. Bahkan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi seorang blogger personal untuk membuat tulisannya lebih baik lagi. Sebuah tulisan tanpa adanya komentar bagaikan bahan bangunan tanpa ada tukangnya. Jadi bahan bangunannya cuma tergeletak tanpa ada yang membangunnya. Lain lagi kalau bahan bangunan tersebut ada tukangnya yang bisa membangunnya menjadi sebuah bangunan bahkan bisa berupa istana. Sama halnya dengan tulisan diblogger yang dibawahnya terdapat komentar,kritik,maupun saran yang bisa membuat si penulis bisa lebih berenergy untuk terus menulis dan menulis. Kalau sebuah postingan tanpa komentar itu rasanya kesel banget ya sob? Sudah nulis panjang lebar sampai tangan keriput,ternyata gak ada yang nanggepin. Apalagi kalau didalamnya ada sebuah dialog yang seolah-olah berkomunikasi dengan pembaca tetapi gak ada yang jawab. Huft.......... rasanya kayak ngomong sama tembok retak. Nah disini saya akan memaparkan fungsi dari sebuah komentar bagi blogger personal termasuk saya. Adapun fungsinya sbb:
1. Berkenalan.
Seperti kata pepatah "TAK KENAL MAKA TAK SAYANG". Nah bagi seorang pengguna blogger tentunya kolom komentar biasa digunakan untuk saling mengenal antar pengguna blogger. Entah postingan apa saja pasti pengguna tersebut menulis komentar "salam kenal". Tapi menurut saya gak apa-apalah. Soalnya bisa mempererat tali persaudaraan antar pengguna blogger.

2. Memberi dukungan.
Bagi seorang blogger personal tentunya blogger bisa digunakan untuk bercurhat ria. Kalau bingung mau curhat ke siapa,ada jalan lain untuk mencurahkan isi hati yaitu dengan si blogger. Disana kita bisa memberi dukungan atau sekedar menghibur teman yang lagi mengalami masalah. Contohnya "Sabar ya sob ..............." Tapi saya kok gak pernah menemui komentar yang begini ya "Sudahlah berapa utangmu ke dia? biar nanti saya yang bayar".

3. Memberi kritik.
Nah kritik inilah yang dibutuhkan oleh penulis untuk mengetahui baik atau jeleknya nilai tulisan penulis. Dengan komentar "Susunannya sudah bagus,tetapi kata-katanya masih perlu diperbaiki." maka si penulis akan berupaya memperbaikinya agar lebih sempurna. Tapi perlu diingat bahwa dalam mengkritik gunakanlah kata-kata yang sopan.

4. Memberikan saran.
Saran sangat dibutuhkan untuk meningkatkan hasil karya penulis. Jadi jangan segan-segan memberi saran kepada saya ya.

Jadi kesimpulannya adalah sangatlah penting sebuah komentar bagi penulis untuk meningkatkan hasil karyanya dan juga untuk saling bersilaturahmi antar pengguna blogger,agar tali persaudaraan semakin erat.

Untuk komentar spam saya belum pernah mengalami,sehingga saya belum terlalu paham apa yang dimaksud komentar spam. Jadinya saya tidak membahas komentar spam. Sekian dan terimakasih. Ssssttttttt....... jangan lupa komentarnya ya. Maklum saya pemula,jadinya butuh masukkan dari sahabat-sahabat semua. Terimakasih.........

Salam.
posted from Bloggeroid

8 komentar:

  1. Tulisannya sudah bagus kok. Semoga kita semua bisa saling berkomentar dengan memerhatikan adab sopan santun yang ada.

    Selamat ngeblog. Semoga semangatnya selalu terjaga. Mohon maaf juga kalau nanti ada komentar di tulisanmu agak gimana gitu dari saya ya.:)

    BalasHapus
  2. Wah belum pernah dapet komentar spam? Selamat anda beruntung! Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya aku kagak tahu komentar spam kyak gimana?
      hahaha.

      Kayaknya emang g pernah dapat

      Hapus
  3. widih, belom pernah dapet komentar spam ya? mau dikasih? *hehe*

    semoga warga BE tetap bisa saling berkomentar dg baik :)

    BalasHapus
  4. dan jangan lupa , bukan hanya berkenalan tapi juga menjalin komunikasi serta hubungan baik antar blogger :)
    sebagai seorang blogger kita juga harus mencari temen :D
    thanks udah ikutan ya

    BalasHapus